KELAS 4

Rabu, 27 Desember 2017

Penggolongan Hewan Berdasarkan Makanannya - IPA (Kelas 4)

Hewan ternyata terdapat hanya makan makanan tertentu saja. ada yang memakan daging atau bangkai, ada yang memakan dari tumbuhan atau memakan keduanya, berikut akan dijelakan penggolongan hewan berdasarkan makanannya.

A. Hewan Herbivora
yaitu hewan dengan bahan makanannya berasal dari tumbuhan. Yakni bisa jadi rumput, daun, biji-bijian dan lain-lain. Ciri hewan herbivora ini yakni memiliki tulang gigi yang rata pada bagian belakang guna mengunyah makanan tersebut dan bagian depan teradapat beberapa gigi untuk mengambil memotong rumput atau dedaunan. contoh hewan yakni kambing, kuda, sapi, dll.


 pada burung, ada yang memiliki paruh yang panjang guna mengambil serbuk buah atau bunga seperti burung kolibri dan memiliki paru pendek yang tumpul guna mengambil makanan berupa biji-bijian

2.  Hewan Karnivora
yaitu hewan dengan bahan makanannya berupa daging atau bangkai. daging yang dimaksud adalah daging hewan sejenis atau lain jenis. Ciri hewan Karnivora yakni memiliki gigi taring yang lancip dan runcing yang berguna untuk merobek daging hewan agar bisa dimakan.
Pada burung, memiliki paruh yang cukup besar dan runcing yang gunanya dapat mengoyak daging buruannya dan juga memiliki kuku tajam di kakinya yang gunanya untuk mencekeram mangsa yang akan dimakan.
Baik burung maupun hewan lainnya yang pemakan Karnivora yakni hewan itu sangatlah buas sifatnya. contoh hewannya yakni harimau, hiu, burung elang dan sebagainya.

3. Hewan Omnivora
yaitu hewan pemakan segala. Artinya hewan tersebut selain menjadi pemakan herbivora, juga pemakan karnivora. Hewan pemakan omnivora tidak memiliki ciri khusus tertentu. contoh hewan pemakan omnivora yakni tikus, babi, ayam, dll.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jenis-Jenis Tanah - IPA (Kelas 5)

1. Tanah humus adalah tanah yang berasal dari mikroorganisme yang telah mati dan membusuk di tanah. Tanah humus sangat subur dan banyak meng...