KELAS 4

Jumat, 22 Desember 2017

SBK - Seni Rupa Terapan (Kelas 4)

Pengertian Seni Rupa Terapan Hasil karya seni merupakan benda benda yang telah diciptakan oleh seniman. Karya seni rupa terapan adalah hasil karya seni rupa yang berguna untuk keperluan sehari hari serta memiliki fungsi tertentu. Salah satu fungsinya adalah nilai seni.

Seni rupa tersebut dapat dibagi lagi menjadi dua yaitu seni rupa dua dimensi maupun seni rupa tiga dimensi. Pada karya seni rupa terapan memiliki dua fungsi seperti fungsi praktis serta fungsi estetis. Pada fungsi karya seni rupa terapan yang bersifat estetis yaitu hanya mementingkan nilai keindahan atau sebagai hiasan saja, contohnya guci, vas bunga, hiasan dinding dn masing banyak lagi. Sedangkan fungsi praktis seni rupa terapan ialah lebih mengutamakan tujuan utama terhadap benda yang telah dibuat, cotohnya meja, kursi, almari dan masih banyak lagi.

 Pada jaman dahulu karya seni rupa terapan sudah terdapat dimasa kerajaan dulu. Pada masa tersebut seni rupa terapan telah berkembang secara cepat. Karya seni rupa terapan ini mulai ditemukan saat sudah ada peleburan logam. Pendapat tersebut telah dibuktikan dengan adanya peninggalan peninggalan sejarah seni ini.

Seni rupa terapan dapat dibagi menjadi beberapa macam yaitu :
1. Seni Dekorasi adalah seni rupa terapan yang digunakan untuk menghias atau mendekor suatu tempat baik berupa panggung maupun ruangan.
2. Seni Arsitektur ialah karya seni rupa terapan yang berwujud gedung, bangunan, dan sebagainya.
3. Seni Ilustrasi ialah seni rupa terapan yang berfungsi sebagai penjelasan tentang sesuatu hal yang berkaitan dengan bacaan. Karya seni tersebut dapat berupa gambar dan foto tentang cerita buku fiksi atau nonfiksi.
4. Seni Grafis adalah seni rupa terapan untuk media komunikasi yang berbentuk gambar.
5. Seni Kriya Terapan adalah karya seni rupa terapan yang terdapat dikehidupan sehari hari yang mempunyai nilai seni.
Contoh Seni Rupa Terapan Karya seni rupa terapan dapat kita temukan disekeliling kita. Namun apakah anda mengetahui bahwa benda benda yang kita gunakan adalah karya seni tersebut. Berikut contoh seni rupa terapan:
1. Batik
Contoh seni rupa terapan yang pertama adalah batik. Batik merupakan karya seni tradisional yang berupa kain dengan bagian atasnya terdapat corak atau gambar yang dilukis menggunakan malam. Batik tersebut terdapat di Indonesia dan telah diakusi oleh UNESCO sebagai "Masterpieces of the Oral and Intaghible Heritage of Humanity pada tanggal 2 Oktober 2009. Batik tersebut ada disekitar daerah di Indonesia dengan motif yang berbeda beda, Salah satu batik yang populer dikalangan masyarakat ialah kerajinan batik Solo.

 2. Anyaman
Anyaman adalah contoh seni rupa terapan yang berupa susunan serat yang berbentuk benda. Anyaman tersebut terbuat dari serat pada tumbuhan maupun plastik. Karya seni rupa terapan yang berupa anyaman ialah keset, keranjang, kursi dan masih banyak lagi.

 3. Kerajinan Kulit
Contoh seni rupa terapan dapat berupa kerajinan kulit. Di indonesia terdapat banyak sekali kerajinan kulit seperti sabuk, tas, sepatu dan lain lain. Kerajinan kulit tersebut dapat kita temukan diwilayah wilayah Yogyakarta maupun Jawa Barat.

 4.Keramik Salah satu contoh seni rupa terapan adalah keramik. Keramik merupakan karya seni rupa terapan yang berupa barang yang terbuat dari tanah lihat yang dibakar manual atau menggunakan teknologi. Keramik tersebut berupa porselin, gerabah, guci, genteng dan lain lain.

 5. Ukiran Batu
Ukiran batu adalah contoh seni rupa terapan. Karya seni ini sulit untuk dipindahkan karena terlalu berat sehingga dapat dipakai sekali saja. Hasil karya seni rupa terapan dapat berupa Candi Borobudur, hiasan dinding, ornamen rumah dan sebagainya.

 6. Logam
Contoh seni rupa terapan yang terkenal pada jaman dahulu adalah logam. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peninggalan logam dari kerajaan kerajaan terdahulu. Salah satu wilayah pembuat logam yang terdapat di Indonesia ialah wilayah Yogyakarta. Yogyakarta merupakan pengrajin perak dengan berbagai jenis benda. Benda tersebut dapat berupa perlengkapan rumah tangga, perhiasan dan hiasan rumah. Logam yang dapat dijadikan sebagai karya seni rupa terapan seperti perak, kuningan maupun tembaga.

 7. Ukiran Kayu
contoh seni rupa terapan yang terakhir adalah ukiran kayu. Hasil karya tersebut terkait dengan budaya Melayu. Wilayah negara Indonesia yang merupakan penghasil kayu terbaik ialah Jepara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jenis-Jenis Tanah - IPA (Kelas 5)

1. Tanah humus adalah tanah yang berasal dari mikroorganisme yang telah mati dan membusuk di tanah. Tanah humus sangat subur dan banyak meng...